Sabtu, 13 Oktober 2012

galau karena kuliah :D

menjadi mahasiswa dengan IP yang luar biasa tapi tidak bisa memberikan sesuatu untuk kedua orang tua, atau menjadi mahasiswa dengan IP standart. Kira – kira sebagai mahasiswa yang mana yang bakal teman-teman pilih ?
pasti kebanyakan memilih punya IP luar biasa dan selalu membanggakan kedua orang tua, ya kan ? sekali lagi saya di buat galau nih dengan yang namanya nilai akademik. Tahun ini sudah keempat kalinya saya dapat nilai yang di bawah standar. Alasannya sama, ada karena malas :D, karena teman, karena tumpukan tugas yang aneh – aneh, dan lain – lainnya. Gara – gara perkuliahan yang rada gak jelas, saya lebih banyak bermain bersama teman . Soalnya di sana saya bebas berfikir dan mengeluarkan pendapat saya, beda ketika berada di kampus yang notabene mahasiswa harus ikut aturan dosen dan kampus. Waduh, kapan berkembangnya kalau gini -_-. ahaha
yang jadi pertanyaan, kenapa di Indonesia yang lebih berkembang itu cenderung Universitas yang berada di dekat ibukota, sedangkan yang lain seperti di pulau Sumatera, Kalimantan, bahkan Papua sekalipun cenderung memiliki kualitas standar. Ya mungkin ini hanya sebuah asumsi, karena memang tidak semuanya berkualitas standar, ada beberapa yang memiliki kemajuan yang sangat pesat di atas standar saat ini. Tapi kenapa semua harus berbeda, kenapa nggak disama ratakan saja kualitas pendidikan di setiap daerah ? Apa karena otonominya ? Jadi setiap daerah harus mengembangkan sendiri kualitas pendidikannya ?
Andaikan, ini hanya berandaikan saja sih. Kalau semua daerah punya kualitas atau standar pendidikan yang sama, pasti Indonesia bakal maju. Misalnya, ada universitas di Jawa yang menyediakan fasilitas penelitian yang lengkap untuk mahasiswanya agar dapat mengembangkan penelitian mereka, dan di pulau Sumatera juga begitu, fasilitasnya sama lengkapnya dengan di Jawa, pasti deh tak ada rasa enggan di hati setiap mahasiswa untuk dapat mengembangkan dan menuangkan ide mereka. Tapi sekali lagi itu hanya andai saja.
Soalnya banyak teman – teman saya yang cenderung berpatokan jauh. Lebih enak kuliah di Jawa, kualitas pendidikannya sangat terbaik disana. Fasilitas lengkap, dan mahasiswanya rata – rata berprestasi. Nah, ketika semua pada berpatokan ke pulau Jawa, pulau – pulau seperti Sumatera, Kalimantan, Papua ditinggalkan, dan otomatis Universitasnya hanya menyediakan fasilitas “seadanya” untuk mereka – mereka yang tidak punya kesempatan kuliah di Pulau Jawa. Salahkah pendapat saya ini ?
Ya, mungkin ini hanya sedikit sindiran untuk pemerintah, terutama daerah sih. Dan terutama lagi pihak Universitas. Mahasiswa itu bukan sebuah prototype makhluk hidup yang bisa di kekang hidupnya.  Mereka butuh napas dan tempat untuk menuangkan isi pikiran mereka yang brilian. Sediakan fasilitas pendidikan untuk mereka. Jangan ada diskriminasi antara mahasiswa yang miskin dan kaya, yang malas dan sok-sok rajin, yang terlihat lemah dan kuat, karena sebenarnya kualitas dari mahasiswa itu ditentukan oleh faktor fasilitas dan logistik yang mereka dapatkan.
Kalau ada Universitas yang banyak mahasiswanya jadi mahasiswa Abadi, maka yang di koreksi paling utama itu bukanlah mahasiswanya, tapi Universitasnya. Itulah pendapat saya sebagai seorang mahasiswa. Memang mahasiswa di haruskan mandiri, mencari ilmu sendiri, tahan terhadap tekanan dan kekangan, tapi mahasiswa juga butuh yang namanya bimbingan. Bukankah kami para mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa di masa depan, yang sering dijuluki sebagai Agen of Change, Agen of Control dan julukan – julukan lainnya.
Sekali lagi ini hanya sebuah opini dari seorang mahasiswa galau. Jangan di tanggapi ya teman – teman, ambil hikmahnya saja, karena saya hanya ingin mengapresiasikan pendapat saya.. hehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar